About

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Januari 1996, Saya seorang muslim ☺Read more about me »Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Who's Ramdhan?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

CallMe

Twitter FacebookLorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Subscribe via email

Tiba-tiba kaget dan bangung saat tidur? Ini penyebabnya!

Senin, 25 Januari 2016




Tidur menjadi kebutuhan manusia untuk mengembalikan energi mereka untuk menyambut hari dengan aktivitas setiap harinya. Anda tentu pernah merasakan tubuh yang lelah dan letih setelah melakukan lembur panjang atau begadang karena sesuatu hal. Jika kurang tidur maka akan memperngaruhi kinerja otak dan tubuh Anda.

Anda tentu pernah tiba-tiba merasa kaget dan tersentak saat sedang tidur atau pada saat akan sedang terlelap? Seakan-akan Anda merasa terjatuh dari ketinggian, tubuh tersentak seketika, hingga kaki bergerak secara tiba-tiba. Banyak yang bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh? Namun ternyata hal ini bersifat normal yang disebut dengan hypnic jerk atau sleep stars.

Seorang pengajar ilmu psikologi & ilmu kognitif Dari University of Sheffield, Tom Stafford mengungkapkan, tubuh memiliki dua sistim saling berlawanan yang membantu manusia menjalani keseharian, baik pada saat beraktivias hingga saat tidur pada malam hari.

Sistim yang pertama merupakan kumpulan sel saraf dalam otak bernama sistim aktivasi retikuler yang bertanggung jawab secara penuh saat manusia melakukan aktivitas setelah terbangun dari tidur. Yang kedua adalah saraf ventrolateral preoptic nucleus (VLPO) yang bertanggung jawab menenangkan dan membantu tubuh untuk memasuki fase tidur, tepatnya pada saat tidur malam hari.

Nah, saat Anda tertidur dan bermimpi, secara alami tubuh akan menjadi tenang dan tidak bergerak karena saraf VLPO mulai aktif dan secara perlahan sistim saraf retikuler mulai tidak aktif.

Lantas mengapa tubuh tiba-tiba terasa tersentak pada saat Anda tidur? Proses hypnic jerk ini terjadi karena adanya transisi dari otak yang mempengaruhi dua sistem tubuh dari fase bangun menjadi fase tidur. Atau dengan kata lain, terjadinya hypnic jerk merupakan usaha terakhir dari sistim motorik siang hari atas kontrol tubuh saat akan memasuki alam mimpi sehingga membuat tubuh tersentak saat ingin tidur malam.







sumber : sooperboy.com

0 komentar:

Posting Komentar

mcramdhan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
XD Anime Smiley