About

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Januari 1996, Saya seorang muslim ☺Read more about me »Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Who's Ramdhan?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

CallMe

Twitter FacebookLorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Subscribe via email

WIsata ke Museum Transportasi TMII

Jumat, 17 Januari 2014

Wisata ke Museum Transportasi TMII
Kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013, saya dan teman-teman pergi ke Taman Mini Indonesia Indah, tepatnya ke Museum Transportasi. Sebelum ke Museum Transportasi, saya dan teman-teman kumpul terlebih dahulu di Gunadarma kampus G. Kita berangkat ke Museum Transportasi  naik motor sekitar  jam 9 pagi.
Lalu kita sampai di TMII sekitar jam 10 dan kita langsung membeli tiket masuk ke TMII yang harganya 9 ribu/orang, dan untuk motor 6 ribu/motor. Setelah masuk ke TMII kita langsung menuju ke Museum Transportasi. Saat di perjalanan menuju Museum Transportasi kita sempat lihat rumah-rumah tradisional dari berbagai provinsi. Tetapi tak lama sekitar 5 menit akhirnya kita sampai  di Museum Transportasi. Ini sekilas foto Museum Transportasi dari tampak luar.

Sebelum kita masuk, kita harus beli tiket dulu. Harga tiketnya murah kok, cuma 2 ribu rupiah. Lalu kita masuk ke Museum Transportasi. Di Museum Transportasi yang pertama kita kunjungi yaitu kereta . Disana kita melihat kereta-kereta tua dan sontak kita langsung foto-foto untuk kenangan. Fotonya seperti ini.

Kemudian kita menemukan tempat khusus kereta-kereta tua yang sekarang sudah berumur ratusan tahun. Nama tempatnya yaitu Ambarawa. Di Ambarawa ini kita banyak melihat lokomotif kereta uap yang umurnya sudah ratusan tahun.

Ini contoh lokomotif uap bertipe d 1505. Lokomotif dulu beroperasi di lintas Tegal-Prupuk, Jawa Tengah dari tahun 1930 sampai 1978. Lokomotif berbahan bakar batu bara ini digunakan untuk mengangkut penumpang dan mengangkut gula pasir

Setelah keluar dari kawasan Ambarawa, kita menemukan kereta presiden Republik Indonesia yang pertama. Sayangnya di kereta ini kita tidak di perbolehkan masuk, jadi kita foto dari luar saja. Ini fotonya

Lanjut kita langsung ke gedung transportasi darat. Apa saja yang kita lihat di dalam gedung itu?
Di dalam gedung ini ada bemo. Ini salah satu transportasi di Jakarta pada zaman dulu, tetapi sekarang sudah tidak pernah terlihat lagi.

Kita juga menemukan alat untuk memindahkan jalur kereta.

Dan kita juga melihat armada pertama DAMRI beserta patung supirnya.

Dan terakhir kita ke kawasan transportasi udara. Disini kita menemukan pesawat garuda asli, namun kita tidak diperbolehkan masuk karena sedang dalam perbaikan. Kita juga menemukan helicopter asli yang tim SAR gunakan sekarang ini. Berikut fotonya.

Dan akhirnya kawasan transportasi udara menutup perjalanan kita ke Museum Transportasi TMII.  Sekian dulu cerita dari saya. Terimakasih sudah membaca.