About

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Januari 1996, Saya seorang muslim ☺Read more about me »Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Who's Ramdhan?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

CallMe

Twitter FacebookLorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Subscribe via email

Conton Perusahaan yang menerapan B2B, B2C dan C2C E-commerce

Minggu, 18 Oktober 2015

Perkembangan teknologi informasi secara perlahan mengubah gaya hidup kita. Hampir semua sendi kehidupan kini tak terlepas dari sentuhan TI. Ditambah lagi dengan peneterasi internet serta penggunaan ponsel semakin besar di Indonesia. Tak ayal, berbagai perusahaan berlomba untuk meng-online-kan bisnisnya. Mengikuti perilaku pasar. Dengan harapan memberikan solusi yang cepat dan mudah.
Dalam penerapannya, e-commerce memilikin beberapa bagian, yaitu B2B, B2c dan C2C. Dan kali ini penulis akan memberikan contoh beberapa perusahaan yang menerapkan B2B, B2C dan C2C.


Contoh perusahaan B2B di Indonesia

Salah satu perusahaan B2B yang bisa kita lihat adalah perusahaan penerbangan. Sebelum e-commerce banyak berkembang di Indonesia, perusahaan penerbangan di Indonesia melakukan kerjasama terhadap agen-agen tiket perjalanan. Sehingga apabila kita ingin membeli tiket penerbangan, kita harus menghubungi agen perjalanan untuk memesan tiket. Contoh ini lah yang dinamakan B2B. Namun semakin berkembangnya sistem e-commerce di Indonesia, sekarang konsumen dapat memesan tiket dan membayar tiket sendiri dengan bantuan e-banking atau transfer melalui atm/bank. Maka secara langsung perusahaan penerbangan juga menerapkan B2C.

Namun walaupun Garuda Indonesia sudah memakai G2C. Garuda Indonesia tetap menawarkan layanan bagi agen-agen biro perjalanan dalam reservasi tiket. Program layanan itu adalah Garuda Online Sales, jadi bagi perusahaan yang ingin mendaftar jadi partner Garuda Indonesia bisa bergabung dalam program tersebut.


Gambar 1 tampilan utama website Garuda Online Sales
(https://gosga.garuda-indonesia.com/web/)



Contoh perusahaan B2C di Indonesia


Hartono Elektronika (www.hartonoelektronika.com)

Untuk pembelian produk elektronik di Hartono dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu bisa langsung datang ke toko Hartono terdekat dan bisa juga melalui situs www.hartonoelektronika.com. Untuk pembelian secara e-commerce, konsumen dapat mencari produk dengan mudah pada ketegori-ketegori di dalam situs tersebut. Tampilan websitenya telah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan konsumen mencari produk yang di inginkan, lengkap beserta info detail produk dan harganya. Setelah menemukan produk yang ingin di beli, konsumen dapat langsung menambahkan ke keranjang belanja hingga tahap pembayaran dengan memilih beberapa metode pembayaran yang di sediakan. Lalu konsumen diwajibkan mengisi info data konsumen untuk kepentingan pengiriman barang, seperti nama, alamat dan nomer handphone, kemudian konsumen tinggal melakukan pembayaran sesuai metode yang di pilih. Setelah itu konsumen harus melakukan konfirmasi untuk memberitahu bahwa konsumen telah melakukan pembayaran, Lalu barang dikirim ke tempat tujuan sesuai yang di infokan konsumen.


Gambar 2 halaman utama situs Hartonoelektronika
www.hartonoelektronika.com


Contoh perusahaan C2C di Indonesia


Model e-commerce inilah yang sekarang sedang menjamur di Indonesia, contohnya adala BukaLapak dengan websitenya bukalapak.com dengan slogannya "situs jual beli online mudah dan terpercaya" adalah termasuk perusahaan C2C, Bukalapak ini sebagai perusahaan perantara antara penjual dan pembeli. Secara umum, penjual megiklankan barang jualannya di bukalapak sebagai konsumen 1 dan pembelinya adalah konsumen ke 2, dan bukalapak adalah perantara. Sistem pembelian di bukalapak sangat aman dan terhindar dari penipuan online, yaitu pembeli tidak langsung mentransfer uang ke penjual, tetapi pembeli mentransfer uang ke rekening bukalapak. Setelah barang yang dibeli sudah sampai ditangan konsumen, konsumen melakukan konfirmasi bahwa barang sudah diterima oleh konsumen, lalu bukalapak langsung mentransferkan uang tersebut ke rekening penjual.



Gambar 3 halaman utama situs BukaLapak
(bukalapak.com)












sumber:
http://www.garuda-indonesia.com
http://gosga.garuda-indonesia.com/web/
https://www.hartonoelektronika.com/en/
https://www.bukalapak.com/

1 komentar:

  1. Alfaro haekal mengatakan...

    Kepada Yth,
    To :PERUSAHAAN BUMN
    &
    SWASTA NASIONAL

    Di Tempat.

    Up/attn :Pimpinan / Finance Manager (HRD)
    Perihal : Surat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond

    Dengan Hormat,
    Salam hangat dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami PT. ANUGRAH LUAS JAYA .
    Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , JTRUST , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , DINAR , DAN BPD LAMPUNG serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.

    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :

    - JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    - JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    - JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    - JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)

    Mitra kami untuk Penerbitan Surety bond/ Asuransi Swasta dan BUMN yaitu :

    1. PT. Asuransi Ekspor Indonesia ( Persero) / ASEI
    2. PT. Asuransi Kredit Indonesia ( Persero) / ASKRINDO
    3. PT. Asuransi Jasindo ( Persero)
    4. PT. Asuransi Pan Pacifik
    5. PT. Asuransi Mega Pratama
    6. PT. Asuransi Raya
    7. PT. Asuransi Bosowa Periskop
    8. dan Asuransi lain-lain yang terdaftar di Departemen Keuangan RI.

    1. Contractor all risk (CAR)
    2. Conprenshive general liability ( CGL)
    3. Workman compensation liability (WCL)
    4. Automobile liability (AL)
    5. Custom bond
    6. Property all risk (PAR)
    7. Erection all risk ( EAR)
    8. Marine hull insurance (MH)
    9. Cargo
    10. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )
    11. KMK (kredit modal kerja)

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards
    Nardiansyah
    Div. Marketing

    PT. ANUGRAH LUAS JAYA
    (Consultants Bank Guarantee & Insurance)
    Jl. Swadaya III No. 45. A Cempaka Baru - Jakarta Pusat
    Telp : 021-42888259 (Hunting)
    Fax : 021-42888256
    Email :nardi.anugrah84@yahoo.co.id
    Mobile : 081315916155

Posting Komentar

mcramdhan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
XD Anime Smiley