About

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Januari 1996, Saya seorang muslim ☺Read more about me »Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Who's Ramdhan?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

CallMe

Twitter FacebookLorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Subscribe via email

Car Free Day di beberapa Kota di Indonesia

Minggu, 22 November 2015

Di Indonesia hari bebas kendaraan bermotor atau yang disebut juga Car Free Day pertama kali diselenggarakan tahun 2000 di Kota Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye peningkatan kualitas udara kota.

Di Jakarta Hari Bebas Kendaraan Bermotor pertama kali digelar pada 23 Mei 2002. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan pemerintah. Hari Bebas Kendaraan Bermotor awalnya diselenggarakan pada hari minggu terakhir di setiap bulan di Jakarta. Namun pada 13 Mei 2012 Hari Bebas Kendaraan Bermotor dilaksanakan empat kali dalam sebulan dari pukul 06.00wib - 11.00 wib.

Begitu juga di Kota Malang Car free day ini diluncurkan pada 18 Desember 2011 oleh Walikota Malang saat itu. Selain jalan-jalan dan naik sepeda, masyarakat juga disuguhkan dengan Pasar Minggu yang menyediakan jajanan khas di pagi hari di Jl. Semeru.

Berikutnya di Kota Jombang diselenggarakan setiap hari Minggu mulai pukul 5.00wib hingga 8.00wib di sepanjang Jl. KH. Wahid Hasyim. Car Free Day di Jombang ini biasanya diisi dengan bermain balapan sandal bakiak bersama dan bersepeda angin lambat
.
Berikutnya di Kota Lamongan diselenggarakan di Alun-alun Lamongan setiap Minggu pukul 6.00 hingga 8.00 WIB. Kegiatan ini diisi dengan acara hiburan gratis untuk warga berupa pertunjukan seni dengan membuat panggung hiburan gratis. Selain itu, terdapat fasilitas olahraga bola voli, futsal, tempat dan alat olahraga tradisional seperti Gapyak dan Egrang, membangun olahraga skateboard dan juga membangun lokasi gym sederhana di sebelah areal skate board dibangun untuk olahraga ringan seperti push up dan pull up, dan taman bermain untuk anak-anak di sebelah barat alun-alun.

Pemkot Kediri juga melakukan hal yang saman yaitu pada bulan Februari 2014 dan diselenggarakan pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Kegiatan ini dipusatkan di sepanjang Jl. Dhoho dan semua kendaraan dilarang masuk Jl. Dhoho saat acara berlangsung. Selama kegiatan car free day berlangsung hanya masyarakat saja yang ada dan tidak satupun kendaraan boleh masuk di arena car free day ini. Di lokasi yang sama juga akan digelar sajian kuliner khas Kota Kediri sebagai daya tarik wisata.

Hari bebas kendaraan bermotor di Kota Blitar diselenggarakan setiap Minggu pukul 5.00 hingga 9.00 WIB di Jl. Merdeka, Jl. dr.Wahidin dan Jl. Diponegoro. 

CFD di Kota Madiun diselenggarakan di Alun-alun Madiun pada pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. Warga Madiun banyak yang memanfaatkan car free day ini dengan melakukan jogging, bersepeda, hingga dance di jalan raya.

Kegiatan CFD di Kota Trenggalek diresmikan oleh bupati Trenggalek pada tanggal 26 Januari 2014 dan berlangsung setiap Minggu pukul 05.00 hingga 10.00 WIB di kawasan Alun-alun Trenggalek. Sebelum acara dimulai akan didahului dengan bersepeda bersama dengan start di depan pendopo. Kegiatan ini selanjutnya diisi dengan berolahraga, rekreasi dan menikmati wisata kuliner yang ada di kawasan car free day tersebut.

Hari bebas kendaraan bermotor di Kota Tuban diselenggarakan di ruas Jl. Sunan Kalijaga pada hari Minggu tanggal 16 Maret 2014. Jalan sepanjang sekitar 1 kilometer ini ditutup, pada sisi barat dan timur sejak pukul 05.00 hingga 10.00 WIB.

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Yogyakarta dipusatkan di kawasan Jl. Jendral Sudirman sisi barat (penggal perempatan Gramedia-Gedung Hartono) dan diberi nama "Jogja Kreatif". 

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Semarang dipusatkan di kawasan Simpang Lima Semarang, Jl. Pahlawan dan Jl. Pemuda, sedangkan kegiatan HBKB di Kabupaten Semarang dipusatkan di Jl. Ahmad Yani, Ungaran.

Kota Solo di bawah pemerintahan Joko Widodo adalah walikota yang pertama yang menggagas hari bebas kendaraan bermotor, yaitu di sepanjang Jl. Slamet Riyadi pada setiap hari Minggu, mulai pukul 6 hingga 9 pagi, walaupun jalanan sudah mulai terlihat pejalan kaki dan pengendara sepeda motor sejak pukul 5 pagi.


Hari bebas kendaraan bermotor di Kota Tegal dimulai sejak tanggal 24 Mei 2009 di kawasan Alun-alun Tegal dan berlangsung setiap Minggu, mulai pukul 05.00 hingga 08.00 WIB. 

0 komentar:

Posting Komentar

mcramdhan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
XD Anime Smiley