About

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Januari 1996, Saya seorang muslim ☺Read more about me »Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Who's Ramdhan?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

CallMe

Twitter FacebookLorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Subscribe via email

Posisi Pemain Basket

Rabu, 14 Oktober 2015

Ada beberapa posisi pada permainan bola basket, yaitu
1. Point Guard
2. Shooting Guard
3. Small Forward
4. Power Forward
5. Center


Apa aja sih peranan dari ke-lima posisi tersebut. Yuk mari kita bahas dengan singkat:

Point Guard (PG) - 1


Point Guard atau yang biasa di sebut posisi 1 adalah pemimping dari lapangan, pengatur permainan, pembawa bola dan pendistribusi bola. Biasanya point guard identik dengan bertubuh tidak terlalu besar dan cenderung lincah dan cerdas. Biasanya Point Guard memiliki skill yang bagus dalam hal dribble yang paling bagus. Seorang Point Guard harus memiliki pandangan yang bagus, melihar ke sekeliling lapangan, mencari teman yang kosong dan siap dalam posisi menembak dan mencari celah untuk masuk ke daerah lawan. Tugas yang paling penting dari point guard adalah distribusi bola, tahu kapan waktu untuk passing bola, dan siapa teman yang yang di passing.
Namun dengan berjalannya waktu, posisi ini lebih terbuka dengan opsi permainan seperti scoring, contoh di beberapa tim NBA, Point Guard yang kini menjadi scorer utama tim yaitu Derrick Rose (chicago Bulls), Rajon Rondo (Boston Celtics), Stephen Curry(Golden State Warriors) dan masih banyak lagi. Namun walaupun mereka sebagai scorer utama tim, mereka masih berperan penting sebagai playmaker dengan distribusi bola yang bagus..

Shooting Guard (SG) -2

Shooting Guard (SG) biasa disebut posisi (2) adalah scorer utama tim, karena dia adalah shooter utama dalam tim, dan mampu menembak dengan baik. Salah satu skill yang harus dimiliki seorang Shooting Guard adalah tembakan 3 point. Seorang Shooting Guard harus selalu bergerak cepat mencari posisi yang bagus untuk melakukan tembakan. Beberapa Shooting Guard legendaris yang sangat terkenal adalah Michael Jordan, Reggie Miler dan Allen Iverson.

Small Forward (SF)-3

Adalah seorang pemain yang bisa ditempatkan diposisi manapun (all round) ,biasanya mempunyai postur tubuh yang ideal untuk menopang permainanya yang cenderung kuat dan lincah dalam pergerakan.Seorang pemain small forward harus mampu menerobos pertahanan lawan dan melakukan lay-up.Posisi ini biasanya ditempati oleh seorang pemain yang mempunyai skill bagus dan juga memiliki tembakan yang konsisten dari bagian luar garis tembakan bebas. Memiliki skill shooting, dribble kuat, power dan passing juga bisa di andalkan..Contoh Small Forward yang paling legendaris adalah Julius Erving, Larry Bird, Vince Carter dan Grant Hill.

Power Forward (PF) - 4

Kekuatan otot dan spesialisasi rebound menjadi skill dasar yang mutlak untuk di miliki. Dasar perbedaan hanya di keterampilan dan kelincahan off ball moving (pergerakan tanpa bola).memiliki badan besar lompatan yang tinggi dan power yang kuat akan menjadikan pemain ini bisa membuat perubahan yang fantastis dalam sebuah permainan, terkadang memang rebound mentukan segala.
Beberapa PF legendaris yang terkenal adalah Bob Pettit, Elvin Hayes, Karl Malone, Dennis Rodman, Tim Duncan, Kevin Garnett, dan Dirk Nowitzki.

Center (C) - 5

Daerah sekitar key-hole atau pain merupakan daerah yang harus dijauhkan dari lawan karena mengancam pertahanan kita maka dari itu semuan pemain berusaha mengamankan pain/key-hole mati-matian. Sangat sulit untuk pemain dengan posisi sebagai Center untuk membukukan point dalam statistik score sheet. Dia akan pressing, pushing ataupun harus foul dulu sebelum dia bisa mencetak point.

Dengan tipikal tinggi dan besar pemain dengan posisi ini selalu mengandalkan kontak fisik dan otot untuk menunjukan siapa yang terbaik di bawah ring, oleh karena itu mayoritas kontribusi pemain dengan posisi ini membukukan banyak rebound dari pada banyak point.

Beberapa Center terbaik dalam sejarah NBA adalah Bob Mcadoo, George Mikan, Moses Malone, Hakeem Olajuwon, Shaquile O'Neal, dan Karem Abdul-Jabbar,










http://belajarmainbasket.blogspot.co.id/2013/05/posisi-pemain-basket.html

http://olahragapedia.nyimuetz.com/2014/12/posisi-dan-tugas-pemain-bola-basket.html

wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

mcramdhan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
XD Anime Smiley