About

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Januari 1996, Saya seorang muslim ☺Read more about me »Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Who's Ramdhan?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

CallMe

Twitter FacebookLorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Subscribe via email

Pembelajaran dan Peningkatan Softskill

Selasa, 29 November 2016

Menurut saya metode pembelajaran yang tepat untuk memaksimalkan mata kuliah softskill adalah dengan membuat kelompok-kelompok yang dimana setiap kelompok  memiliki sebuah tema yang berbeda-beda dalam tulisan/karangan/karya yang lain. Dimana sang pemimpin kelompok membagi masing-masing tugas pada anggota lainnya sesuai tema yang dipilih. Masing-masing tugas yang di berikan pada pemimpin kelompok kepada anggota kelompok harus berkesinambungan. Walaupun tugas kelompok namun penilaian tetap perorangan, karena setiap anggota kelompok telah memiliki tugasnya masing-masing.  Kemudian hasil karya/tulisan/karangan yang dibuat sesuai tema itu di presentasikan oleh masing-masing anggota kelompok kepada kelompoknya dan teman-teman. Presentasi juga harus berurutan sesuai tugas-tugas anggota kelompok. Kemudian terdapat juga nilai untuk kelompok sebagai nilai tambahan. Jadi apabila ada satu anggota kelompok yang tidak mengerjakan kemungkinan tidak mendapatkan nilai kelompok.

Jadi dengan adanya metode tersebut yang didapat adalah
1. Dapat bekerjasama, karena dalam tugas masing-masing anggota harus berkesinambungan. Oleh karena itu kerjasama  sangat diperlukan. Apalagi ada tambahan nilai kelompok apabila masing-masing anggota kelompok dapat menyelesaikan tema yang dipilih dengan baik.
2. Bertanggung jawab dan komitmen, karena masing-masing anggota mempunyai tugasnya masing-masing. dan juga masing-masing anggota adalah pondasi bagi kelompoknya tersebut untuk mendapatkan tambahan nilai kelompok.
3. Memiliki motivasi dan antusias dalam bekerja, dikarenakan ada nilai perorangan dan nilai kelompok.
4. Mampu bekerja mandiri, dikarenakan apa yang dikerjakan adalah untuk nilai diri sendiri.
5. Manajemen waktu, dikarenakan saat presentasi harus semua ontime karena presentasi anggota kelompok berkesinambungan
6. Mampu berkomunikasi secara lisan dan meningkatkan kepercayaan diri.

0 komentar:

Posting Komentar

mcramdhan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
XD Anime Smiley