About

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 29 Januari 1996, Saya seorang muslim ☺Read more about me »Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Who's Ramdhan?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

CallMe

Twitter FacebookLorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit

Subscribe via email

Sekilas tentang Kepemimpinan

Kamis, 01 Januari 2015

Kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.

Kalau kita menjadi seorang pemimpin, kita akan menjadi sorotan banyak orang. Sifat dan perilaku kita akan dinilai benar-benar oleh orang-orang. Salah sedikit bisa merusak citra kita dan organisasi yang kita pimpin. Maka sebagai seorang pimimpin sebenarnya kita harus memiliki sifat-sifat khusus yang harus dijaga dan dikembangkan seperti berikut :
1. Sabar dan bisa mendengarkan pendapat anggota
2. Tidak seperti diktaktor.
3. Jujur
4. Tegas dalam mengambil keputusan.
5. Berani dan percaya diri berkomunikasi didepan anggota-anggota
6. Mampu mengembangkan kinerja anggota.


Ngomong-ngomong soal pemimpin saya punya pengalaman menjadi seorang pemimpin saat masa saya SMA. Saat kelas 3 SMA, saya ditunjuk wali kelas untuk menjadi ketua kelas. Awalnya saya menolak, karena saya belum pernah menjadi ketua kelas sebelumnya. Tetapi setelah dipikir-pikir ini menjadi tantangan bagi saya sebelum lulus SMA. 

Dulu sebelum menjadi ketua kelas, saya adalah orang yang tidak terlalu pandai berkomunikasi, kurang percaya diri, dan kurang berani dalam mengambil keputusan. Karena sifat itu yang membuat saya kurang yakin untuk menjadi ketua kelas.
Tetapi Setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan memimpin di kelas. Saya seperti dipaksakan untuk berani berbicara di depan kelas, percaya diri, tegas dalam mengambil keputusan, bersikap adil di antara teman-teman dan lama-lama saya mulai nyaman menjadi ketua kelas. Menjadi ketua kelas bukan hal yang mudah, seperti halnya saat sekolah membuat Buku Tahunan Sekolah. Setiap kelas harus mempunyai tema buku tahunan sekolah masing-masing, disini peran saya sebagai ketua kelas diperlukan. Sebagai ketua kelas saya wajib mendengarkan ide-ide dari banyak pihak seperti penentuan konsep, apa saja yang diperlukan saat pemotretan. Dalam mengambil keputusan,saya diwajibkan adil agar tidak ada kecewa. Namun tidak sedikit teman-teman yang kecewa terhadap keputusan yang di ambil dengan cara voting. Nah disinilah peran pemimpin diperlukan yaitu saya harus mampu meyakinkan teman-teman bahwa hasil voting adalah benar dan jujur. Hasil voting adalah keputusan bersama. Alhamdulillah pada hari H pemotretan terbilang cukup lancar.

Sedikit kutipan dari penulis :
"Karena memang tidak ada seorangpun yang sempurna. Begitu juga seorang pemimpin. Yang ada adalah perbaikan-perbaikan untuk menjadi lebih baik, menjadi lebih sempurna."

0 komentar:

Posting Komentar

mcramdhan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
XD Anime Smiley